-->

Sejarah G30S PKI

Assalamualaikum Wr.Wb

Halo guys kembali lagi dengan saya di Sejarah IPSKU,,

Kali ini saya bakal ngebagiin sedikit tentang sejarah G30SPKI,, oke guys saya gak akan lama lama bikin openingnya heheh langsung saja baca di bawah 

Sejarah singkat G30S PKI


Tanggal 30 September malam, sejumlah prajurit cakrabirawa pimpinan Letkol Untung bergerak menculik enam jenderal dan seorang kapten yaitu:

Gambaran sejarah G30S PKI

  • Jenderal Ahmad Yani, 
  • Letnan Jenderal Suprapto, 
  • Letnan Jenderal MT Haryono, 
  • Letnan Jenderal S Parman,
  • Mayor Jenderal DI Pandjaitan, 
  • Mayor Jenderal Sutoyo Siswomiharjo,
  • dan Kapten Pierre Tendean.
jenazah mereka di temukan di sebuah sumur yang sekarang di sebutnya lubang buaya yang berada di jakarta.
Panglima TNI Jenderal AH Nastion lolos, namun putrinya Ade Irma Suryani tewas, sementara ajudannya, Kapten Pierre Tendean, jadi korban, diculik bersama enam jenderal.

Panglima Kostrad, Mayjen Soeharto bergerak cepat, memadamkan pemberontakan. Perburuan pada para pelaku G30S dilakukan cepat. PKI dinyatakan berada di balik gerakan pengambil alihan kekuasaan dengan kekerasan. Para tokohnya diburu dan ditangkap.

Sebagian tokoh PKI diadili, sebagian dijatuhi hukuman mati.

Ketua PKI, DN Aidit yang dituding merancang gerakan ini bersama ketua Biro khusus PKI, Sam Kamaruzzaman melarikan diri ke Jawa Tengah, namun kemudian bisa ditangkap, dan dibunuh. Terjadi penangkapan besar-besaran terhadap para anggota atau siapa pun yang dianggap simpatisan atau terkait PKI, atau organisasi-organisasi yang di identikan komunis, seperti Lekra, CGMI, Pemuda Rakyat, Barisan Tani Indonesia (BTI), Gerakan wanita Indonesia (Gerwani), dll.


Sebagian terbunuh. Sejumlah laporan menyebut, jumlah yang dibunuh begitu saja setidaknya mencapai 500.000 orang di berbagai daerah, khususnya di Pulau Jawa dan Bali. Berbagai kelompok turun ke jalan, menuntut pembubaran PKI.


Sebagian juga menghancurkan markas PKI di berbagai daerah, dan menyerang lembaga-lembaga, toko, kantor, juga universitas yang dituding terkait PKI. Puluhan ribu orang dibuang ke Pulau Buru, di pekerjakan, tanpa pengadilan. Termasuk sastrawan yang namanya mendunia, Pramoedya Ananta Toer.


Akhirnya, G30S menandai naiknya Mayjen Soeharto dan jatuhnya Presiden Soekarno. Pemerintah Orde Baru kemudian menetapkan 30 September sebagai Hari Peringatan Gerakan 30 September G30S dan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.



Begitu banyak versi, begitu banyak tafsir, begitu wacana, begitu banyak korban, kebencian, dan saling tuding. Sampai sekarang berbagai upaya dan niat untuk menuntaskannya, tutup buku dari bab gelap sejarah Indonesia itu, tak kunjung berhasil. G30S PKI, komunisme, pembunuhan ratusan ribu orang itu kian lama justru kian jadi abstrak/topik yang muncul setiap waktu, khususnya bulan September, dan kini juga setiap ada pembicaraan tentang politik, pemilihan kepala daerah, juga pemilihan presiden.

nahhh mungkin cuman segini saja sejarah singkatnya, terima kasih yang udah mampir ke blog saya dan semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.
terima kasih

Wassalamualaikum Wr.Wb







0 Response to "Sejarah G30S PKI"

Post a Comment

p

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel